Acara Ruwat Rambut Gembel Dieng

ruwat

Sebuah tradisi turun temurun di sekitar lereng pegunungan dieng dan sindoro masih berlangsung hingga sekarang. Acara pencukuran atau ruwatan untuk anak-anak yang mengalami kelainan pada rambutnya yaitu gembel, yang mana rambut gembel di anggap sebagai titipan yang harus di kembalikan kepada sang pemiliknya.

Budaya pencukuran rambut gembel yang di lakukan di perkampungan memang cukup sederhana sekali misal ketika si anak sudah ingin di cukur dan meminta hadiah kepada orang tua atau saudara maka rambut tersebut bisa tumbuh normal kembali. Dan rangkaian ruwatan yang di awali dengan memberikan permintaan si anak dan melakukan syukuran , kemudian melarungkan rambut gembel tersebut ke aliran sungai yang mengalir.

Seperti kebiasaan yang ada di tengah -tengah masyarakat dieng apabila ada dari seorang anak gembel yang akan di cukur , tetangga di sekitar rumah juga di undang sebagai saksi ruwatan itu, tetangga yang di undang juga berkewajiban memakai uang koin ( receh ) yang nantinya akan di berikan kepada si anak tersebut, kemudian si anak yang sudah di potong rambutnya akan mengelilingi para tamu undangan sambil membawa piring atau mangkuk yang akan di isi oleh para tamu. setelah prosesi selesai maka acara penutup dengan do’a dan makan bersama ( kenduri )

Seiring dengan kemajuan jaman bahwa anak berambut gembel menjadi sebuah legenda di dataran tinggi dieng. sehingga kelompok -kelompok sadar wisata di dataran tinggi dieng mengangkat tradisi ruwat rambut gembel untuk dalam sebuag acara tahunan dengan acara intinya yaitu pencukuran rambut gembel  secara kolosal ( pekan budaya ) atau event Dieng Culture Festival ( DCF ).

Dalam event tersebut acara ruwat rambut gembel di kemas apik melalui beberapa tahap prosesi seperti napak tilas, arak-arakan, jamasan,  pencukuran, ngalap berkah , dan terakhir pelarungan. acara dieng culture festival juga menjadi serbuan wisatawan yang hendak berkunjung ke pegunungan dieng untuk menyaksikan langsung proses ruwat rambut gembel tersebut.

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s