Misteri Anak Gembel Dieng

 

anak gembel dieng

Fenomena unik di dataran tinggi Dieng yang tidak di temukan di daerah lain di Indonesia. Sebuah Legenda yang menjadi historis di masyarakat pegunungan tinggi Dieng , anak Gembel ( Bajang ) hingga kini masih menjadi misteri tentang awal mula keberadaannya. Bagi penduduk di lereng gunung dieng dan gunung Sindoro mungkin sudah tidak menjadi hal yang asing lagi di mata masyarakat .

Namun dewasa ini anak berambut Gembel atau anak bajang kian populer bagi sebagian orang yang baru melihat ketika, berkunjung ke dataran tinggi dieng. Anak – anak kecil yang berusia satu hingga tujuh tahun memiliki keunikan pada rambutnya. Cerita yang beredar di penduduk setempat ternyata anak yang mempunyai rambut gembel bukan menjadi sesuatu yang aneh namun justru mendapat perlakuan yang istimewa , penuh perhatian dan kasih sayang.

Si anak akan meminta sesuatu atau hadiah bila, rambut gembelnya akan di Ruwat ( cukur ) agar dengan harapan nantinya si rambut gembel tersebut tidak tumbuh lagi pada si anak, tradisi ruwatan atau cukuran di masyarakat juga sudah menjadi salah satu budaya ( tradisi ) peninggalan nenek moyang pendududk lokal dan masih di uri-uri ( jaga ) hingga sekarang ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s