Fenomena Alam dan Anak Bajang Dieng

gembel dieng

Misteri dan mitologi bagi sebagian masyarakat di pegunungan memang menjadi kajian menarik bagi para ahli dari sisi ilmiah dengan keberadaan tentang fenomena alam di dataran tinggi dieng yang notabene hingga sekarang ini masih banyak menyimpan segudang pertanyaan masyarakat dieng itu sendiri. Namun sebagian orang di sekitar pegunungan dieng  justru menganggap bahwa anak berambut gembel atau sering di sebut anak bajang mempunyai nilai histori yang sangat luhur dengan tradisi yang masih berjalan di tengah era globalisasi modern.

Misteri tentang rahasia adanya anak berambut gembel atau anak bajang bagi penduduk setempat yang masih di hubungkan dengan tokoh spiritualis di bumi dieng yang konon merupakan salah satu tokoh yang membuat areal pemukiman ( babat alas ) seperti sekarang.

Mitologi dari fenomena anak gembel juga di anggap sebagai simbol positif seperti adanya kemakmuran suatu daerah dimana, daerah yang ada anak-anak gembel kemakmuran daerah tersebut akan terus langgeng bahkan sebagian juga di anggap sebagai bala’ atau ( kesialan ) namun terlepas dari semua itu kenyataan yang ada di sekitar pegunungan dieng bahwa anak gembel tersebut juga bisa menarik kunjungan wisatawan lokal atau pun mancanegara. sehingga ada yang menyebut anak bajang adalah salah satu titipan dewa di gunung dieng. selain dataran tinggi yang dingin ternyata fenomena anak gembel menjadi ikon wisata di jawa tengah .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s